Antisipasi Karlahut, Pemprov Riau Minta Bantuan Helikopter 

Antisipasi Karlahut, Pemprov Riau Minta Bantuan Helikopter 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau meminta bantuan helikopter kepada BNPB menyusul minimnya curah hujan diikuti meningkatnya aktifitas kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) di sejumlah Kabupaten dan Kota di Riau.

Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan dengan BNPB terkait peminjaman helikopter untuk patroli dan waterboombing.

"Ya, kita sudah ajukan peminjaman satu helikopter untuk waterboombing ini," ucapnya.

Tak hanya heli, BPBD juga bakal meminta bantuan peminjaman pesawat patroli. Ini perlu dilakukan agar target Riau bebas asap 2018 bisa tercapai, dan tidak lagi menganggu aktifitas masyarakat serta perekonomian.

"Kita sudah komitmen mencegah kabut asap agar tidak terjadi. Apalagi instruksi pak Presiden, kita dapat mempertahankan agar Riau jangan lagi berasap, karena kita harus menopang kegiatan Asian Games pada Agustus mendatang," ujarnya. 

Selain itu, Sanger juga berharap seluruh lapisan masyarakat juga proaktif dalam mengawasi potensi kebakaran lahan baik disengaja ataupun tidak.

"Saya juga minta bantuan kepada seluruh lapisan masyarakat Riau dan stakeholder untuk menjaga hutan dan lahan agar tidak terbakar, sehingga tahun ini Riau bebas kabut asap," harapnya. (R07/Mcr)

Listrik Indonesia

#Pemprov Riau

Index

Berita Lainnya

Index